div id='fb-root'/>

Pages

Jumat, 10 Agustus 2012

Renungan kemerdekaan ke 67 tahun 2012

Tujuh belas Agustus merupakan hari besar kemerdekaan bangsa Indonesia. Pada tanggal tersebut, 67 tahun yang lalu merupakan hari paling bersejarah negeri ini karena di hari itulah merupakan awal dari kebangkitan rakyat Indonesia dalam melawan penjajahan sekaligus penanda awalnya revolusi.Siapakah yang paling berperan dalam pencapaian kemerdekaan itu?Kalau kita menengok kembali bagaimana kejadian-kejadian seputar proklamasi maka akan terasa sekali bagaimana semangat para pejuang kemerdekaan untuk mengumandangkan pekik merdeka atau mati diseluruh pelosok negeri.Terus apa yang ada dibenak mereka ketika itu, apakah murni kemauan mereka atau hanya karena dorongan kebangsaan atau karena niat yang lain?Okelah kita tidak akan membahas motif mereka mau berjuang sampai titik darah penghabisan itu. Yang coba kita bahasa adalah modal perjuangan berupa kemerdekaan itu sudah kita isi dengan baik atau belum? atau kita tidak tahu bahwa indonesia saat ini sudah merdeka?Kalau rakyat kecil ditanya kira-kira apa ya jawabannya?Mungkin mereka tidak akan menjawab, mereka akan diam membisu karena tidak tahu apalagi yang mau mereka katakan?


Coba kita bahas dulu dari definis istilah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Menurut kamus tersebut menyebutkan bahwa Merdeka adalah  adalah:
1) bebas dari perhambaan, penjajahan, dsb., berdiri sendiri;
2) tidak terkena atau lepas dari tuntutan;
3) tidak terikat, tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu.
Sedangkan kemerdekaan adalah keadaan (hal) berdiri sendiri (bebas, lepas, tidak terjajah lagi); kebebasan.
Kalau menilik dari istilah Kamus tersebut kira-kira apa jawabannya? Berdasarkan pengertian di atas kita mencoba menerapkan kata merdeka pada diri sendiri. Sudahkah orang Indonesia merdeka? Kalau pengamat politik, atau wartawan atau pejabat publik kalau ditanya merdeka tentu jawabannya juga berbeda-beda tergantung persepsi masing-masing.
ini adalah jawab beberapa orang yang ditanya apaka indonesia sudah merdeka?
 Berikut arti merdeka menurut blogger


1.     Merdeka berarti bebas atau terlepas dari belenggu kemiskinan. Karena ketika kita terbelenggu dalam kemiskinan berarti kita belum merdeka. Dan kemiskinan adalah suatu persoalan besar bangsa ini. Jutaan anak bangsa dari generasi ke generasi selama 66 tahun terus terbelenggu oleh deraan kemiskinan. Jurang antara si kaya dengan si miskin terus melebar, sehingga cita-cita proklamasi untuk mensejahterakan rakyat Indonesia, barulah sebatas wacana.
2.     Merdeka berarti bebas atau terlepas dari belenggu kebodohan. Kebodohan dan kemiskinan rupanya dua saudara kembar yang lahir bersama, tumbuh bersama dan berjalan berirngan. Si miskin kian bodoh karena kemiskinannya ia tak dapat membayar biaya sekolah. Dia hanya bias mendengar apa itu sekolah dan memandang bangunan sekolah, tapi tak bisa masuk kesana karena selain takut tertimpa runtuhan bangunan yang kebanyakan reok, juga ia tidak mampu membayar karena dia miskin jadi dia tetap bodoh dan diperbodoh dalam kemiskinannya.
3.     Merdeka berarti bebas atau terlepas dari perlakuan ketidak adilan. Terlalu kasihan karena sudah miskin bodoh lagi, e diperlakukan tidak adil lagi. Karena miskinnya dan bodohnya, ketika dia lapar dia mengambil semangka dan setandan pisang sekedar mengganjal perutnya yang lapar. Tapi karena bodohnya ia tidak tahu bahwa mengambil semangka dan pisang itu melanggar aturan sehingga ia dihukum, masuk penjara karena ketidak adilan. Sementara juga karena ketidak adilan, yang pernah sekolah mencuri uang yang didalamnya si miskin juga hak, tapi ternyata sekarung atau berkarung-karung uang hasil jarahan itu, justru member kesempatan kepada si pencurinya untuk melenggang lenggok kesana kemari. "Jadi kita sabagai bangsa, pada setiap peringatan dalam berbagai bentuk kegiatan perayaan tujuh belas agustus haruslah menjadi suatu momentum perenungan bagi bangsa dan pemerintah Indonesia. Merenungi sudah sejauh mana perjuangan melawan ketidak adilan. Merenungi perjuangan melepaskan diri dari kemiskinan dan kebodohan. Bukan sebagai kesempatan untuk bersorak dan berhura-hura", begitu menurut om politikus atas nama rakyat dan kata-kata yang membuai. 
kalau Menurut pelajar makna kemerdekaan bagi pelajar, adalah jika ia bisa melakukan apapun sebebas mungkin sesuai kehendaknya, tanpa halangan ataupun paksaan pihak lain.
Tapi ingat, kata “bebas” di sini bukan berarti bebas tanpa aturan atau hukum. Seorang pelajar bebas dan mempunyai hak untuk menggapai cita-citanya setinggi mungkin, sesuai harapannya. Seorang pelajar dikatakan merdeka atau bebas, jika ia bisa menjalankan hukum atau aturan, baik aturan di lingkungan sekitar maupun di negaranya yang telah ditetapkan.

Bersambung......



Artikel Lain Yang Mungkin Anda Cari:



Comments
0 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...