div id='fb-root'/>

Pages

Senin, 10 September 2012

Fisika dan pembelajaran via blog

Ketika dunia internet sudah masuk ke ranah pendidikan, maka mau tidak mau , suka tidak suka setiap orang akan mengalami interkasi dengan dunia internet. Anak-anak sampai orang tua saat ini sudah mulai terbuka dengan akses dunia internet. Salah satu hal yang dapat dimanfaatkan dengan adanya internet adalah dengan membuat blog pribadi. Segala displin lmu dapat memanfaatkan kelbihan blog ini. Salah satu disiplin ilmu yang memanfaatkan internet adalah fisika. Memang bukan hal yang aneh lagi kalau kita punya blog dan mencoba untuk mengaktualisasikan diri kita lewat blog ini. Namun tidak sedikit pula guru yang belum mau memanfaatkan blog ini untuk kegiatan pembelajaran. Termasuk saya sendiri orang yang agak malas memanfatkan blog untuk pembelajaran...namun karena jamanya sekarang berbeda dengan sebelum adanya internet, maka interkasi sosial masyarakat kita saat ini sudah beralih. Mungkin lebih banyak lewat dunia maya ini. sehingga kalau saya serach di google maka ribuan blog pembelajaran ini dapat diketemukan.
Pembelajaran via blog kini menjadi tren untuk menyongsong masa depan. Seorang guru yang profesional (apalagi bersertifikat) haruslah berusaha untuk mampu memanfaatkan berbagai media untuk mewujudkan pembelajaran yang bermakna dan berguna, tidak Cuma mengandalkan sepotong kapur lalu berceramah di depan kelas atau memenuhi papan tulis dengan materi pelajaran yang tidak terlalu bermakna bagi siswa. Dunia blog menjadi alternatif dalam pembuatan media pembelajaran karena ia dapat :
  1. Membuat konkrit konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan materi fluida lewat animasi flash, sehingga siswa dapat langsung melihat gambaran nyatanya walaupun tidak mengunakan alat;
  2. Melakukan pemodelan obyek yang berbahaya atau sukar didapat kedalamlingkungan belajar;
  3. Menampilkan obyek yang tidak mungkin dibawa ke ruang kelas
  4. Menampilkan objek yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang
  5. Membuat simulasi, seperti laboratorium virtual, dan sebagainya
Tahukah anda apa manfaatnya bagi siswa anda?

Pertama:

Mereka menemukan gairah belajar yang lebih dinamis. Karena anda tidak hanya menggunakan metode ceramah. Tapi ada blog yang anda buka. Ada tayangan halaman perhalaman blog anda yang sudah berisi materi belajar  yang siap saji. Bukankah semakin bervariasi metode pembelajaran yang digunakan juga akan semakin signifikan motivasi dan hasil belajar siswa? Dan tentu secara tidak langsung anda sudah menguasai kelas yang lebih enteng dan elegan ketimbang berteriak-teriak memarahi siswa yang malas mendengarkan ceramah anda?

Kedua:

Siswa tidak perlu lagi mencatat segala omongan anda saat menerangkan pelajaran atau materi kuliah. Karena yang anda katakan sudah anda tulis dan tayang di blog pembelajaran anda. Anda tinggal main klik. Maka semua yang ingin anda jelaskan, dan anda demonstrasikan sudah siap untuk dinikmati siswa secara lebih menarik ketimbang anda hanya mencoret-coret papan tulis dan membuka buku.

Ketiga:

Jika siswa  kurang konsentrasi saat belajar, karena alasan tertentu, mereka bisa belajar sendiri tanpa harus tatap muka dengan anda. Mereka tinggal bukan blog pembelajaran anda dimana pun asal mereka terhubung dengan internet. Bukankah ini zaman siswa dan mahasiswa juga adalah para penggila internet? Setuju tidak setuju, diketahui atau tidak, diam-diam sorga mereka adalah internet. Itu sebabnya warnet jadi penuh sesak oleh Pelajar dan Mahasiswa. Tidak peduli siang atau malam. Nah, jika anda sudah punya blog pembelajaran, saya pikir mereka akan lebih enjoy membuka blog anda sebagai media belajar ketimbang membuka buku catatan apalagi diktat dan resume kuliah.

Keempat:

Mereka bisa mengumpulkan tugas atau latihan belajar tanpa harus tatap muka dengan anda. Karena mereka bisa mengirimnya ke blog pembelajaran anda dimana pun mereka bisa terhubung dengan internet. Tidak peduli mau pagi, siang bahkan waktu larut malam. Karena blog anda selalu setia untuk dibuka non stop 24 jam. Akibatnya, anda tidak perlu mengikat janji dengan sedikit mengancam kaku dengan siswa atau mahasiswa anda untuk mengumpulkan tugas dan latihan mereka.

Kelima:

Siswa secara tidak langsung jadi terangsang untuk memanfaatkan internet bukan hanya untuk main-main. Bukan hanya sekedar untuk chatting-chattingan di Facebook. Apalagi hanya untuk sekedar memburu situs porno secara sembunyi-sembunyi. Tapi sekaligus juga sebagai media pembelajaran dan berprestasi. Mereka jadi belajar bagaimana cara mengakses blog untuk belajar. Bagaimana cara mengcopy dan mendownload materi belajar di internet. Dan bagaimana cara mengirim atau mengupload tugas dan latihan belajar mereka pada blog pembelajaran anda. Singkatnya, secara tidak langsung mereka menjadi tergiring untuk belajar secara online. Untuk berinteraksi secara online tanpa harus selalu bertatap muka dengan anda.

Keenam:

Dan masih banyak manfaat lainnya yang akan anda temukan setelah menggukannya.

sumber: 
  1. http://blogernas.blogspot.com
  2.  http://endangmuhtadin.wordpress.com/
Comments
0 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...