Pages

Jumat, 03 September 2010

PUDARNYA SEMANGAT

Ada tulisan yang bagus yang mungkin bisa menjadi bagan renungan bagi PNS. Tulisan ini saya dapat dengan tak sengaja waktu ke internet. Jika pembaca ingin membaca langsung bisa lewat alamat http://jumena.wordpress.com,
Berikut tulisan beliau :

Baru-baru ini saya dikagetkan dengan ungkapan salah seorang temen prajabatan. Bunga (nama samaran) teman saya itu mengatakan bahwa udah gak betah lagi kerja di Departemen Pertanian dan ingin mencari pekerjaan lain di luar PNS. Apa pasal? Menurut Bunga ternyata lingkungan kerjanya gak sehat, udah beberapa kali ganti menteri toh perjalanan fiktif masih aja marak. Ternyata antara harapan dan kenyataan yang dihadapi Bunga jauh panggang dari api.
Sebenarnya Bunga punya potensi yang besar untuk maju, ini terlihat ketika saya sering berinteraksi dengannya selama mengikuti Diklat Prajabatan di Ciawi Nopember 2008 silam. Lebih-lebih bunga juga ditempatkan di kantor pusat Departemen Pertanian di Jakarta tentu bagi sebagian orang ini merupakan kebanggaan tersendiri dibandingkan dengan beberapa teman yang hanya ditempatkan di UPT daerah. Bunga yang saya kenal adalah seorang pekerja keras dan ulet di kantornya, namun karena alasan lingkungan kerja yang kurang kondusif nampaknya kinerjanya mulai terpengaruh oleh teman-temannya.

Saya pikir apa yang dialami Bunga mungkin juga dialami beberapa teman prajabatan yang lain, tak terkecuali saya. Setelah hampir 1,5 tahun bekerja sebagai PNS di Departemen Pertanian ternyata masih banyak yang harus dibenahi, terutama membenahi mental para senior. Sebab perilaku senior yang tidak baik biasanya akan diwariskan kepada para juniornya. Contoh kecil saja perjalanan fiktif, mereka sudah terbiasa melakukan perjalanan fiktif dan dalam prakteknya mereka tidak kerja sendirian tapi melibatkan para bawahan atau juniornya. Dalam banyak kasus, nama saya sering dicatut oleh senior saya dalam melakukan perjalanan fiktif mereka.

Lalu apakah keluar dari PNS merupakan solusi terbaik? PNS memang bukan satu-satunya mata pencaharian di negeri ini. Masih banyak jenis pekerjaan lain yang penghasilannya lebih tinggi dari PNS dan resiko berbuat dosanya sedikit. Jika Bunga memutuskan ingin keluar dari PNS itu sah-sah saja, mungkin itu bagian dari hijrahnya Bunga dari tempat penuh korupsi ke tempat lain yang lebih bersih dari korupsi.

Bagi saya yang sudah terlanjur nyemplung ke dunia PNS tidak akan lari dari masalah, kalau mau jujur tidak semuanya PNS korupsi, masih banyak juga yang jujur dan bersih. Maka upaya yang harus dilakukan saat ini menurut saya adalah jadilah PNS yang jujur di tengah lingkungan kerja yang dipenuhi dengan orang-orang yang tidak jujur. Harusnya kitalah yang merubah keadaan, jangan kita yang dipengaruhi lingkungan. Berat memang melawan arus, tapi itu lebih baik daripada kita ikut arus yang salah. Oleh karenanya perbaharui niat awal masuk jadi PNS, niatkan bahwa apa-apa yang dikerjakan di PNS adalah untuk ibadah dan mencari ridha Allah SWT.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...