div id='fb-root'/>

Pages

Kamis, 28 Juni 2012

Apliksi Bagi para pengajar

Seorang pengajar tanpa kelengkapan data maka belum bisa dikatakan berhasil menjadi pengajar yang baik. seorang pengajar minimal harus punya data tentang anak-anak didiknya itu. Namun tak jarang seorang pengajar belum bisa mempersiapkan kelengkapan dalam mengajar itu dengan baik.Itu dimungkinkan karena memang untuk membuat alat kelengkapan mengajar perlu waktu dan sedikit kesabaran. Namun dengan kemajuan teknologi sebenarnya waktu itu bisa disiasati dengan cara yang sederhana. Kita hanya perlu sedikit kreatif. dengan modal kreatif pekerjaan yang melelahkan sebagai seorang pendidik bisa diselesaikan dengan baik.Contoh kecil alat teknologi yang bisa dipakai adalah aplikasi excel. belum banyak orang yang memaksimalkan aplikasi yang satu ini. disadari atau tidak kita selama ini hanya menggunakan sekedar untuk membuat jadwal, atau kolom-kolom saja, padahal banyak sekali aplikasi dari excel ini yang dapat dimanfatkan untuk membuat kelengkapan mengajar.Excel ini dapat dipakai untuk membuat alat kelengkapan mengajar, mulai dari absen, nilai ulangan harian, ulangan semester sampai analisis soal ulangan dan nilai akhir anak didik kita secara otomatis dan cepat. Kalau kita tidak bisa membuat sendiri , internet dengan bantuan om google bisa membantu membuat alat kelengkapan kita mengajar.
Memang kalau kita lihat administrasi seorang guru sangat banyak. Ada sekitar 20 Point Administrasi Guru yang umumnya dipersiapkan satu bendel dan selalu dibawa-bawa oleh guru (profesional). Selain sebagai administrasi pribadi guru juga biasanya dipersiapkan untuk menyambut Super Visi Guru yang biasanya dilakukan langsung oleh Pengawas Sekolah atau kepala sekolah secara SIDAK. Wow..takut..., tapi tenang.. nanti saya kasih contohnya. Gini, Paket Administrasi Perangkat Pembelajaran tersebut lazimnya (standar minimal) berisi :
1.    Halaman Judul
2.    Lembar Pengesahan
3.    Identitas  Pribadi Guru
4.    Daftar Isi
5.    Kalender Pendidikan
6.    Rincian Pekan Efektif
7.    Program Tahunan ( Prota )
8.    Program Semester ( Promes )
9.    Silabus
10.    Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )
11.    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
12.    Form Kisi-kisi Soal
13.    Lampiran Soal Ulangan
14.    Jadwal Mengajar Guru
15.    Agenda Pembelajaran
16.    Daftar Hadir Siswa
17.    Daftar Nilai Siswa
18.    Analisis Hasil Ulangan Harian
19.    Program Perbaikan dan Pengayaan
20.    Catatan Siswa Mengalami Hambatan Belajar
Dengan administrasi guru yang baik dapat mengendalikan pelaksanaan tugas guru sebagai berikut :
a. Pelaksanaan tugas sesuai rencana
b. Materi sesuai SK/KD
c. Waktu pelaksanaan jelas
d. Skenario pembelajaran sesuai rencana
e. Hasil capaian mudah dibaca
f. Guru memiliki dokumen untuk bahan perbaikan kinerja
g. Sebagai bukti fisik pengajuan PAK atau Sertifikasi
wah ternyata emang rumit ya...kira-kira bisa ga ya kita melengkapi dokumen sebanyak itu...ga tahu deh...tapi minimal harus mencoba dan berusaha. 
Ada contoh untuk aplikasi penilaian. Silakan klik link in. 



Artikel Lain Yang Mungkin Anda Cari:



Comments
0 Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...