Pages

Selasa, 31 Agustus 2010

Cerita tentang Prajab

Ada cerita kisah tentang kondisi prajab kayak apa...cerita ini saya ambil dari blognya http://www.blognyasikai.com
Ini dia kisahnya....

Prajab tu apaan sih?

Prajab tu adalah istilah keren dari Diklat Prajabatan bagi CPNS yang pengen berubah nasib jadi PNS. Sekali lagi, hanya bwt mereka yang kepingin jadi PNS. Untuk CPNS yang kepingin jadi nelayan, maka kudu ngikutin diklat yang berbeda. Namanya Prahu.

Selama 12 hari, dari tanggal 13-24 April, gw ngikutin Diklat Prajabatan Golongan III. Lokasinya tu di Pusdiklat BPS, di LA (Los Angeles Lenteng Agung). Pada saat yang bersamaan ada 3 diklat yang sedang berlangsung di Pusdiklat, Diklat PIM III bwt pejabat eselon 3, en Diklat Prajabatan Golongan III yang terdiri dari dua angkatan, XXI en XXII. Gw masuk ke dalam angkatan XXII, yang isinya 32 orang CPNS BPS en 7 orang CPNS dari Bakorkamla (Badan Koordinasi Keamanan Laut).

Selama ngikutin Prajab, para CPNS diinapkan di kamar ber-AC, yang tempat tidurnya spring bed, ada TV-nya, kamar mandi di dalam plus bath tub (ini Pusdiklat apa Hotel?). Belum lagi ditambah makan 3x plus snack 2x setiap hari. Juga ada fasilitas internet gratis, karaoke, en fasilitas olahraga yang lumayan. Ada lapangan futsal, voli, tenis meja, bilyar. Ada juga gazebo khusus bwt mereka-mereka yang Ahli Hisap en Dewan Syuro (SYUka meROkok).

Terlihat sangat nyaman bukan? Emang. Tapi diklatnya gak kalah kerasnya. Pagi-pagi, jam setengah enam, saat matahari aja belom bangun, kita udah dikumpulin lapangan, bwt Senam Pagi atw Latian PBB. Trus jam 7.45 ngikutin Apel Pagi en jam 8 ngikutin perkuliahan sampe jam 4 sore, en kalo sial, sampe jam 6 sore. Abis tu bebas mw ngapain.

Keliatannya simpel. Tapi dibalik cerita itu, ada perjuangan yang melelahkan. Apalagi bwt gw. Gw sial banget, harus jadi Danton (Komandan Pleton) pas kepala gw lagi pusing banget, en pas dapet giliran instruktur yang paling serem, Mr. M. Sebenernya gw biasa aja ngadepin Mr. M. Tapi kepala gw gak mw diajak kompromi, nyut-nyut mulu. Efeknya, gw jadi susah konsen en telinga gw budeg temporer. Pas latian apel, gw sebagai Danton, kerjaannya salah mulu. Alhasil, gw disuruh push up 15x, yang diterjemahin oleh kuping budeg gw sebagai 18x!! Asem. Untung cuma beda 3, gimana kalo gw dengernya 50? Mampus dah. Secara push up 18 kali aja dah bikin engsel siku gw aus. Gw baru nyadar pas sholat dzuhur kalo ternyata push up 18x bikin lengan gw kehilangan kemampuan bwt nahan beban. Hasilnya, pas turun sujud, jidat gw kejedot ke lantai dengan sukses.

Perkuliahan juga bukan tanpa cobaan. Kalo WidyaIswara (pengajar diklat)-nya asik sih gw ok-ok aja. Kalo WI-nya ngebosenin? Disinilah cobaan dimulai. Gw harus bertahan dari serangan kantuk selama berjam-jam. Tidur di kelas bukanlah sebuah opsi, cuz kalo loe ketauan tidur, loe bisa-bisa gak lulus Prajab. Dan entah kenapa, serangan kantuk selalu datang, pas gw lagi ga bawa permen. Gw terpaksa nyubit tangan sekenceng-kencengnya, yang efeknya bikin mata gw melotot untuk sekitar 5 menit. Abis tu? Ngantuk lagi..

Kalo kuliahnya selesai jam 4. Biasanya sore gw manfaatin bwt maen futsal bareng temen-temen sampe menjelang maghrib. Kalo malam, gw lebih sering maen bilyar, secara meja bilyarnya ada di lantai 4, lantai kamar gw. Efeknya, skill nyodok gw meningkat. Gw jarang maen tenis meja en karaoke, cuz dua tempat itu biasanya dikuasain ama bapak-bapak dari Diklat PIM. Kalopun nekad maen disitu, biasanya beresiko kena usir.. "Udah! Udah! Udah! Sekarang giliran yang tua dulu!!"

Itulah salah satu alesan kenapa gw jadi jarang nulis. Kalopun gw ngenet, gw lebih sering browsing en blogwalking. Pengennya cari hiburan mulu. Kebetulan hari ni, hari Minggu, diklat libur. So, gw pulang ke kos, en it feels like home. Walopun yang ada cuma kipas angin yang sering ngadat, bukan AC. Tempat tidurnya bukan spring bed, tapi cuman kasur busa. Trus kamar mandinya di bawah, deket dapur, en gak ada bath tub. Tapi gw ngerasa betah. Kondusif banget bwt nulis.

Itulah sekilas situasi minggu pertama prajab. Minggu kedua, tantangan bertambah, cuz harus belajar bwt ngadepin ujian diklat hari Kamisnya.

So, wish me luck guys..


PS: IM2 lemot abis sekarang.. Kualitas masih parah kayak gini, malah mw dinaekin biaya bulanannya.. Beuh..
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...